Sunday, April 8, 2012

1.000cc, Era baru MotoGP

imgJakarta - Musim 2012 akan menandai sebuah era baru dalam gelaran Grand Prix MotoGP. Kapasitas mesin yang ditingkatkan menjadi 1.000 cc adalah faktor utamanya.

Perubahan cc di ajang MotoGP sejatinya adalah bukan hal baru. Dalam satu dekade terakhir tercatat FIM dan Dorna sudah beberapa kali melakukannya. 

Mesin 990 cc sempat digunakan pada musim 2002 sampai 2006. Karena alasan keamanan, kapasitasnya pun diturunkan menjadi hanya 800 cc pada periode 2007-2011. Dan mulai tahun ini motor-motor yang berlaga di kelas rajanya balap motor tersebut akan dibekali mesin 1.000 cc.

Perubahan kapasitas mesin jelas menuntut seluruh tim melakukan banyak perubahan di berbagai komponen tunggangannya. Meski persiapan menuju 1000 cc sudah dilakukan sejak musim lalu, toh tim-tim mengaku masih belum bisa memaksimalkan motornya. Honda, Yamaha dan Ducati tak menyangkal kalau mereka masih belum bisa mengatasi beberapa masalah yang muncul.

"1.000 cc akan memunculkan tantangan berbeda di setiap lintasan karena motor ini punya tenaga yang lebih besar, jadi kita lihat saja bagaimana jadinya," sahut Hiroo Saito, manajer Divisi Pengembangan Yamaha MotoGP beberapa waktu lalu.

Sementara di kubu Honda, optimisme Casey Stoner justru meninggi. Mendominasi tiga sesi ujicoba pra musim, pembalap asal Australia itu cukup yakin dengan daya saing dirinya dan timnya di musim yang akan segera dimulai.

"Saya yakin Honda sudah melakukan pekerjaan fantastis dengan mesin baru 1.000 cc sepanjang musim dingin dan saya tak sabar untuk kembali ke lintasan dan melihat apa yang bisa kami lakukan, semoga bisa mengawali (musim) dengan bagus lagi," ungkap Stoner.

Sama seperti Yamaha, kubu Ducati juga belum mau menaruh target tinggi pada motor 1000 cc-nya. Belum mampu menyaingin kecepatan para pesaing di sesi ujicoba pra musim, Desmosedici GP12 disebut Valentino Rossi masih mengalami beberapa masalah, meski juga masih menyimpan potensi untuk bisa lebih cepat lagi.

"Kami sudah bekerja sangat keras. Sejak awal tes saya sudah bisa cepat dan duduk di posisi lima daftar pembalap tercepat. Kami masih harus menuntaskan beberapa masalah dan saat keluar dari tikungan. Tapi kami hampir sampai di sana: kami tahu itu akan butuh waktu. Kami ingin berada di depan," seru The Doctor saat Ducati merilis motor terbarunya Maret lalu.

Dari kelas yang berbeda, FIM (Federation Internationale de Motocyclisme) juga melakukan perubahan menghapus kelas 125 cc mulai tahun 2012 ini dan sebagai gantinya memperkenalkan kelas Moto3 yang menggunakan motor berkapasitas 250 cc. Sementara Moto2 memakai motor berkapasitas 600 cc.

sumber : oto.detik.com

No comments:

Post a Comment