Thursday, August 25, 2011

Benarkah susu rendah lemak baik untuk DIET? (part 2)

Beberapa saat yang lalu saya menuliskan artikel mengenai kenapa memilih Susu Tinggi Protein lebih baik daripada memilih yang Rendah Lemak. Dari tulisan saya tersebut, saya mendapat banyak pertanyaan bahwa ketika membeli susu whey protein (susu protein yang sudah dibuang lemak dan karbohidratnya) harganya cukup mahal dibandingkan dengan membeli susu rendah lemak yang ada di pasaran. Dari situlah saya membuat artikel kedua ini. Benarkah memilih susu Tinggi Protein itu jauh lebih mahal?
Kita ulang sedikit, tujuan awal kita mengkonsumsi susu adalah untuk mencari Protein, bukan lemak dan bukan juga karbohidrat. Mencari lemak gampang, tinggal cari olive oil, kacang-kacangan, avocado. Mencari Karbohidrat lebih gampang lagi, ada beras merah, ubi, gandum, oatmeal, buah, sangat banyak variasinya. Jadi kita fokus bahwa minum susu adalah karena kita ingin mencari Protein.
Gambar pertama ini adalah komposisi produk susu Rendah Lemak yang saya bahas di artikel saya sebelumnya.


Komposisi Susu Rendah Lemak

Susu tersebut saya beli di toko grosir dekat rumah saya yang memang terkenal harganya sangat murah, saya mendapatkannya dengan harga Rp 4.150. Dengan harga tersebut, Anda mendapatkan protein sebanyak 8 gram. Sehingga harga protein per gramnya adalah Rp 4.150/8 = Rp 518,75. Kalau saya browsing di Internet, harga sebenarnya di atas Rp 6.000. Gambar kedua adalah komposisi produk susu Tinggi Protein yang juga saya bahas di artikel saya sebelumnya.
Komposisi-Prostar-Whey-Protein
Produk susu protein seperti ini harga pasarannya berkisar antara Rp 190,000. Dengan harga tersebut Anda mendapatkan 15 serving, dan per servingnya mengandung protein 25 gram protein. Berarti Rp 190.000/15/25 = Rp 506,7.
Kalau dibandingkan seperti itu, maka sangat terlihat jelas, harga susu Tinggi Protein akan memberikan nilai harga Protein yang lebih ekonomis dibandingkan susu Rendah lemak yang berada di pasaran. Kalau Anda serius dengan diet Anda, ketika Anda membeli susu tinggi protein dengan ukuran yang lebih besar, 2x lipat, harga yang Anda bayarkan sekitar Rp 345.000 sehingga harga per gram proteinnya akan jauh lebih murah lagi yaitu hanya Rp 460 saja. Dan bayangkan kalah Anda sehari mengkonsumsi sekitar 30-50 gram susu Protein secara rutin. Berapa besar penghematan yang Anda lakukan?

No comments:

Post a Comment